ITB Kembali Menggelar Grant Ceremony & Seminar on Research Findings dari Asahi Glass Foundation

Institut Teknologi Bandung (ITB) terus menjalin kerja sama dengan The Asahi Glass Foundation. Pada tahun ini, Asahi Glass Foundation kembali memberikan hibah riset kepada 14 proyek riset yang akan dilakukan oleh ITB. 21 Agustus 2023, bertempat di Auditorium Campus Center Timur ITB, Jalan Ganesha 10 Bandung telah dilaksanakan Grant Seminar & Ceremony on Research Findings by The Asahi Glass Foundation 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan proses monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian dan serah terima sertifikat penelitian. Acara ini diikuti oleh pimpinan Asahi Glass Foundation dan Asahi Glass Corporation. Direksi perusahan yang tergabung dalam Asahi Glass Corporation, turut hadir dalam acara ini. Selain itu, acara ini juga terbuka untuk diikuti oleh sivitas akademika ITB dan umum.

Sebagai bentuk pelaksanaan proses monitoring dan evaluasi kegiatan penelitian, 14 peneliti Overseas Research Grant, The Asahi Glass Foundation tahun 2022-2023 menyampaikan hasil penelitiannya dalam bentuk presentasi yang dibagi dalam 2 (dua) sesi yaitu sesi pagi dipandu oleh moderator Windy Iriana, S.T., M.T., Ph.D. dari FTSL ITB dan sesi sore dipandu oleh moderator Farid Putra Bakti, S.T., M.Sc., Ph.D. dari FTSL ITB.

Pada sesi pagi Ketua LPPM ITB, Dr. Yuli Setyo Indartono dan Senior Executive Director of The Asahi Glass Foundation, Dr. Naoki Sugimoto menyampaikan sambutan.

Ketua LPPM ITB, Dr. Yuli S. Indartono menyampaikan rasa terima kasihnya kepada The Asahi Glass Foundation karena mendukung riset yang dilaksanakan oleh ITB. Beliau menyampaikan bahwa riset yang akan dipresentasikan telah diseleksi kurang lebih 100 proposal riset. Ia berharap riset-riset ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk penerima bantuan riset, tetapi juga memajukan ilmu Indonesia dan Jepang. Review proposal tersebut dilakukan oleh ITB Board of Reviewers berdasarkan beberapa kriteria. Dr. Yuli juga terus menekankan hasil dari riset sebagai pondasi menuju ITB yang Globally Respected, Locally Relevant.

Pada sesi sore, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D. dan Chairman of The Asahi Glass Foundation dan Asahi Glass Corporation, Mr. Takuya Shimamura memberikan sambutan sekaligus meresmikan opening ceremony.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Prof. Ir. I Gede Wenten, M.Sc., Ph.D., menyampaikan, dalam sains dan teknologi, ITB selalu mendorong aktivitas atau program yang menguatkan posisinya sebagai research university ber-mindset entrepreneurial dan membawa usaha perbaikan berkelanjutan untuk menyelaraskan diri dengan perguruan tinggi maju di level internasional. Prof. I Gede Wenten mengatakan, dukungan dari Asahi Glass Foundation melalui hibah penelitian luar negerinya, secara tidak langsung telah berkontribusi pada pengembangan kapasitas riset ITB. Riset dan inovasi ITB selalu menjunjung nilai budaya ilmiah unggul, sehingga harapannya melalui kerja sama dan dukungan dari Asahi Glass Foundation, ITB bisa terus konsisten untuk berkontribusi melahirkan ide-ide yang brilian dan bermanfaat.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Certification Grant Awards 2023 dari The Asahi Glass Foundation untuk 14 peneliti penerima dana Overseas Research Grant, The Asahi Glass Foundation tahun 2023-2024 yang langsung diserahkan oleh Chairman of The Asahi Glass Foundation dan Asahi Glass Corporation, Mr. Takuya Shimamura.

Dana yang diberikan per kegiatan kepada para penerima grant rata-rata berjumlah 5000 USD, yang akan diputuskan oleh Board of Reviewer dari setiap universitas. Jangka waktu pelaksanaan kegiatan penelitian antara 1-2 tahun dimulai dari bulan Juni 2023.

Yayasan Asahi Glass telah mendukung kegiatan riset di Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 1988. Yayasan Asahi Glass berkeinginan dapat berkontribusi, melalui program mereka untuk mempromosikan ilmu pengetahuan dan Teknologi, untuk kemajuan industri, ekonomi, dan sosial dari negara-negara yang didanai.

Program Hibah Penelitian Luar Negeri dari Yayasan Asahi Glass menyediakan dukungan dana untuk kegiatan penelitian yang bersifal orisinil dan menonjol, yang dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Bidang utama dari penelitian yang didukung pendanaannya adalah Ilmu Material, Ilmu Hayati, Sistem dan Teknologi Informasi, Kendali Otomatis, Lingkungan, dan Energi.

 

384

dilihat